Saturday, April 25, 2009

Mensa

Kalo di kamus bahasa Jerman Mensa brarti Kantin atau Cafetaria.
Kebetulan aku libur kursus selama 2 minggu, aa ngajak aku makan siang ke Mensa yang paling gede di Dresden. Aku sama aa datang tepat pada saat jam lapar, jam 12 siang.huaaa gileee banyakkkkkk bgt yang dateng.. penuhhh...sampe bingung mo makan apa..soalnya stand-stand makananya ketutup sama orang-orang yg pesen makanan.

Makanan yang ada disana bervariasi..kalo aku ga salah itung sekitar 10-15 menu...ada nasi, kentang, sushi, sop, salat, ahhh banyakkk, belum lagi berbagai dessert dan minuman.
Mensa seperti Kantin pada umumnya, mengambil makanannya model prasmanan tapi ada juga yang udah paket. Kalo salat dan nasi entar di kassanya ditimbang. Saat aku mo ngambil makanan, pelayannya baik banget sambil menyodorkan lasagna, dia bilang "ohne Schwein"..mreka tau kalo muslim ga makan babi.
Mensa seperti Kantin pada umumnya, cuma bedanya makanan yang ada Mensa di subsidi pemerintah. jadi harganya miring banget. Aku pesan makanan, minum dan dessert pasti kisaran 7-12 E / 2 persons. Jadi seorang itu sekali makan 3e udah dengan minum. Ini lho beberapa pesenanku....
goreng bebek , Pizza, lasagna, salad....






ernyata di Mensa ga ada yang bawa kamera yg setiap mo makan kudu difoto apalagi narsis hihi
Mensa ini bukan cuma ada di kantin kampus tapi juga ada di setiap sekolah-sekolah.Kembali ke subsidi pemerintah jadi kalo student yang beli tinggal menunjukkan kartu student dapet potongan, tapi hiks sayangnya aa ga dapet potongan soalnya statusnya udah bukan student, tapi tetep biarpun ga dpt potongan harganya tetep miring. Nah kalo untuk anak sekolah sepertinya bayarnya juga murah dan sekaligus paket dari sekolah..hehehe so tau...ini kata temenku

Ini yg berbeda dari kebiasaan aa waktu di Belanda, dulu setiap hari aa aku kasih perbekalan makanan, kebetulan kantin di RUG paling mahal sedunia hehehe hiperbol banget:P jadi biar irit githu lho..trus lagi kebiasaan temen2 di Belanda juga bawa bekel dari rumahnya. Sejak di Dresden kebiasaan itu dah hilang...bilangnya maluu ..soalnya temen-temen di lab nya juga ga ada yang bekel.

Mo sedikit berkhayal cobaa ya di Indo ada cafetaria gini minimal di sekolah-sekolah untuk anak-anak...soalnya meskipun setiap sekolah punya kantin tapi belum terjamin ke
bersihannya, eeh tapi mungkin ada seh kantin sekolah yg bersih tapi pasti adanya di sekolah elit.
Habis serem banget kalo udah baca berita keracunan makanan lah, pengawet makan lah...penyedap lah, kebayang deh setiap hari mreka makan sumber penyakit...bener-bener menggerogoti kesehatan badan dan perkembangan otak anak .. tapi gimanapun juga negara kan bermula dari pendidikan keluarga dan gizi anak.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails