Monday, February 09, 2009

antara Groningen & Dresden

Masih sama-sama dataran Eropa tapi berbeda...iya lah beda negara Belanda sama Jerman.
ini analisa isengku slama 1 bulan .sedikitnya ada perbedaan antara Groningen dan Dresden...

1. Birokrasi
:
Menurutku di Jerman urusan surat persuratan ga seribet kaya di Groningen, asal syarat-syaratnya dipenuhi. Berhubung aku datang ke Dresden langsung dari Groningen (yg masih sama2 Eropa) jd urusan ga seribet kaya waktu datang dari Indonesia ke Groningen. Nyampe di Dresden langsung urus2 ke stadhuis (gementee) dan imigrasi...kelarrr. ga ada acara kudu nunggu verblieft sgala . Cuma repotnya petugas Imigrasi yg bisa bhs Inggris jg terbatas.
Trus birokrasi buat keluarga juga lebih gampanggg...temen2ku disini S2 dan beasiswa Dikti aja bisa bawa keluarga...istri dapat tunjangan..anak2 juga sama...makin banyak anaknya makin byk tunjangannya. jadi istilahnya kalo di Jerman banyak anak banyak rezeki tuh bener..hihi...
bayangkan kalo di Groningen..walahhhh bawa keluarga aturannya panjangg..udah apply aja lom tentu di approve.

2. Rumah.

Disini lebih murah, dibandingkan Groningen. Untuk housing stundent harga nya rata-rata kisaran 200-250 e dan sudah fursniseddi dalamnya ada kamar mandi dan dapur. Dan rumah yg akan aku huni di bulan maret ini harganya 530 include/ furnished dan ga perlu bayar apa2 lagi, malah sprei dan lap dah dicuciin sgala. Dan smua temen2ku bilang 'mahallllllllll..' hihi padahal aku dah ngerasa murah karna compare dgn rmh di Groningen.

3 Karakter

kalo kata aku seh yg baru sebulan disini...orang2 disini dinginnnnn....ga mau basa basi..intinya ga welcome dan ga githu ramah.. dan aku ngerasa kaya jadi turisss banget..eitss tp ga smua githu ko..pernah juga ada ketemu orang orang Jerman yg baik hati, menerangkan soal tiket walopun dengan bhs Jerman.
Kalo di Groningen orang2nya ramahhh...duduk di halte aja bisa ngobrol..
oiya...kalo disini ga tau knapa yaa..atau perasaan aku aja, aku kan takut sama anjing..nah kalo di blanda orang yg bawa anjing ngerti dan nanya km takut ya??. nah kalo disini aku menyingkir atau diam eeeh yg punyanya sinis githu kaya marah.

4. Transportasi
Di Dresden alat transportasi kami sehari-hari pake tram dan bis..lumayan ada pengeluaran khusus seh 49e sebulan..padahal kalo di Groningen mah gratisss kmana-mana bisa pake sepeda..hiks kangen aku dgn speda imutku.
Tapi fasilitas untuk tiket hemat banyak : misal nya ada small group ticket, short trip, one day ticket, family tiket, weekend ticket 36e buat 5 orang.
Kalo di Groningen kudu pake discount card atau nunggu tiket blokker dan kruidvat.

5. Bahasa

Kami kesulitan dalam komunikasi. malahan si aa nyerah kalo group meeting pake bhs Jerman. Berhubung disini kebanyakan pake bhs Jerman atau ga mau pake bhs inggris, jadi aku kuduuuu bisa bahasa Jerman, minimal buat blanja hihi
makanya aku langsung nanya2 temen (thx mba Yuni) dah cariin kursus bhs yg bagus dan murah. Banyak link untuk kursus bahasa Jerman...kalo student malah gratis..tp berhubung aa statusnya bkn student dan kontrak yg tertulis hanya 1 tahun jd lah aku ga bisa dpt subsidi integration course. Alhamdulillah nanti tgl 23 maret aku udah mulei kursus di VHS tempatnya lumayan jauh dan tiap hari ..kudu smangat !!!.

6. Biaya Hidup
kata siapa Jerman lebih murah??
Kalo masuk supermarket atau mall seh menurutku harganya sama kaya di Groningen, harga minyak, telor, gula..samaaa....baju, sepatu, parfum sama ajaa ko. Cumaku yg kerasa lebih murah ya sewa rumah. dan kalo masuk restoran-restoran juga murah, tp tergantung jg kelas restorannya hihi.
Sekarang aa gaya ga mau bekel lagi, padahal dulu di Groningen aku bekelin roti atau kue mau...sekarang jawabnya 'maluuuuuuuuu'..soalnya emang disini jarang ada yg bekel...gimana engga 3e tuh dah bisa makan nasi sama ayam 1 paha..kalo punya kartu student malah dikorting lg setengahnya.

8. Tata Kota
Groningen dan Dresden sama-sama kota yg cantik dan sama-sama aku tinggal diujung..cuma bedanya Groningen kota paling utara di Belanda, dan Dresden kota paling timur di Jerman. Bedanya disini pemandangannya banyak Tram berseliweran, pengendara mobilnya kebut-kebut, centrumnya gede biarpun aku belum nemu vismarkt , tempat wisata banyak.
Kalo di Groningen kan banyak sepeda dan pengendara mobil juga baik2 ga pada ngebut.

9. Orang Indonesia.

kalo soal temen-temen samaa...sama2 baik..sama-sama care, dan ini yg bikin kami betah..kata temenku orang Indonesia yg ada disini 40 orang. disini juga ada komunitas orang Indonesia dan stundent Indonesia namanya Formid ada juga kumpulan pengajiannya. ..malah disini banyak bgt kumpulan temen-temen dari jabar trutama Garut,..huhuy si aa hepii...dia mah tambah fasih aja bhs sundanya.. Tapi tetep aja aku kangen temen2 di Grony hiks

10. Acara TV
smuaa di dubbing pake bahasa Jerman..pusyiingg.. cuma musik di MTV dan bola aja yg bisa langsung ngerti, kalo di tv ada yg ngomong tchuss dan danke..baru aku ngerti hihi


hmmm.....apalagi yaa..nanti dipikirin lagi...
sgitu dulu deh analisisnya , maaf kalo ada analisaku yg salah namanya jg analisa orangdapur hehehe

2 comments:

  1. Anonymous6:27 AM

    teh, ini mah cool abis, cocok abis saya sama jerman

    ReplyDelete
  2. smoga mimpi mu dapat tercapai...:)

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails