Wednesday, November 23, 2011

Investigasi makanan....jadi bingung mo makan apa !@#$%^&*(

Serba susah hidup di negara tercinta ini. Beneran yang kaya kayaaaa, yang miskin tetap tersungkur.  Kalo liat berita dan info di  tv pasti  bawaannya ngedumelll.  Ada berita menyenangkan sebut saja kemenangan Indonesia dalam arena sea games  tapi ujung2nya  pasti aja diselingi berita yang bikin miris.  Apalagi kalo lihat berita kriminal yang sadis-sadis, korupsi, banyak lagi deh..pokoknya bikin cape hatii dan pusing. Kalo acara per-politikan   terus terang  seh kadang aku ga peduli...tapi kalo program yang menyangkut makanan dan kesehatan   aku peduli. Apalagi aku doyan makan dan jajan di luar.


Di salah satu stasiun televisi swasta ada program namanya investigasi. Program ini menarik dan bagus banget untuk disimak , karna selain memberikan banyak info tentang makanan yg tidak layak kita konsumsi, di program ini juga membongkar habis proses pembuatannya yang ditambah zat   kimia yang berbahaya  dan sudah beredar di masyarakat. . Di acara ini para oknum pedagang di  interview dengan wajah disamarkan menggunakan topi dll, dan suaranya pun disamarkan dengan alat perekam berteknologi canggih. Dan terakhir di program ini di beritahu trik dan tips nya agas kita bisa waspada.


Saya mau sharing aja beberapa jenis makanan yang kudu diwaspadai sesuai yang pernah saya lihat di program ini...smoga berguna dan menambah info  :).


Daging ayam kampung yang dikasih pewarna tekstil proses masaknya seperti pada umumnya, tapi diakhir proses  dicelup dengan air kaldu yang sudah ditambah  zat tekstil kuning. Ga kira-kira pewarna yang dimasukkan berjumlah banyak dan digunakan  untuk pemakaian beberapa kali bisa sampe 10 kali , sehingga si ayam terlihat cantik dan  segar.
Tipsnya : kalo warna kuning dari ayam menggunakan kunyit maka minyak goreng tidak berwarna kuning dan ayam berwarna kecoklatan. Kalo menggunakan pewarna ayam akan tetap warna kuning dan minyak pun akan berwarna kuning pekat. 


Makanan lainnya seperti jajanan anak2 seperti permen kapas. 


Beras dicampur dengan pemutih dan esence rasa pandan, sehingga warna beras menarik dan harum. 
telur  rebus busuk yang dipasarkan di transportasi umum
daging dendeng yang terbuat dari tikus, pas acara ini yeksss jijay bangetttt, ga aku  liat sampe tuntas takut selera makanku berkurang.


dan banyak lagi cerita seremnya.


Smoga aja program ini bukan sekedar tontonan aja, smoga pemerintah dan orang berwenang peduli dan cepat beraksi agar tidak banyak pewarna tekstil yang dijual murah dan beredar dimana, tidak ada penjual yang curang yang berkeliaran dimana-mana.  Pedagang-pedagang seharusnya  di berikan bekal cara berjualan yang sehat. Karna kalo melihat program ini yang banyak disorot emang pedagang2 kecil. dan paling banyak inceran tempat berjualannya  di sekolahan dan otomatis dimakan anak-anak...serem kan....:(


Ayo-ayo kembali ke makanan rumahan biarpun membosankan tapi tetep sehat. tapi dasarnya  aku tukang jajan,  teuteup masih suka jajan cuma ya dilihat-lihat dulu tempat makannya...atau pun kalo mo jajan ya jgn terlalu sering...lumayan lah sekalian pengiritan :P







No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails