Thursday, May 19, 2011

Perjalanan ke negeri seribu menara (Turki) edisi Galata tower


Perjalanan hari ke tiga di kota seribu menara ditutup ke galata tower. padahal niatnya mo taksim dan galata. tapi apa daya waktu kami ga cukup, karna pesawat yang akan  membawa kami ke Yunani  menunggu jam 4 sore.  Untuk menuju galata tower dari hotel ku cukup pake tram T1 dan langsung turun di galata. Tower ini berada di atas, jalan nya menanjak. entah kami salah ambil jalan pokoknya jalannya jelek. 
Sesampainya diatas ternyata di sekitar tower terdapat banyak orang berjualan dari toko souvenir , pakaian, cafe- restaurant dan juga sudah ramai orang yang mengantri tiket. Harga tiket masuk 10 lira. setelah membayar tiket para pengunjung  menggunakan lift kemudian berjalan melalui tangga dan barulah ke bagian balkon ( luar) untuk melihat indahnya  panorama kota Istanbul, melihat bophorus dan kota sekitar istanbul. 

Dari info yang saya baca Galata Tower  atau dalam bahasa Turki nya Galata Kulesi adalah salah satu tower tertua yang paling indah di Istanbul. Menara ini dibangun 528m selama pemerintahan Byzantium oleh kaisar Justianus. Kemudian diambil alih oleh   masa kejayaan Turki pada tahun 1453. Menara ini memiliki ketinggian 61 m dan 140 m dari laut., dengan diameter 8,95 m. dan ketebalan tembok 3,75. Di dalam nya terdapat restaurant bukan hanya enak tapi juga spesialis makanan Turki dan Internasional.Kalo malam hari biasanya ada pertunjukan tradisional dan tarian perut yang sensasional.Saya sendiri seh belum mencoba makan di tower karna udah bisa di tebak harganya pasti selangit.
Salah satu ciri galata tower adalah  bentuk silinder, tinggi kerucut-capped yang mendominasi cakrawala dan dapat melihat  panorama  Istanbul.
Dan ini beberapa foto pemnadangan diambil dari atas galata tower.
kira-kira 2 jam lebih kai di tempat ini, kemudian perjalanan menuju bandara.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails