Thursday, February 19, 2009

menikmati peran ibu erte di negeri orang :)


Lima  tahun yang lalu aku bekerja sebagai guru honorer di sekolah swasta di Bandung. Hari-hari aku dari mulei senin sampe sabtu , dari jam 6 pagi sampe sore jam 5 sore kerja dan kerja. Kadang-kadang hari Minggu pun aku  kudu mengadakan pelajaran tambahan untuk siswa kelas 3 SMP dan SMA untuk persiapan UAN dan UMPTN.  Gaji yang aku terima saat itu pun ga besar tapi rasanya cukup puas, rasanya aku berguna...bisa eksis..entah apa namanya pokoknya bekerja buat aku itu sebuah prestasi.
Suamiku  di terima S3 di Groningen. Itu berita yang membahagiakan bagaimana tidak itu adalah impian suamiku sekolah keluar negeri. Aa pergi lebih dulu ke Groningen dan sambil menyiapkan segala dokumen buat aku,  aku disuruh memilih antara karir dan menemani aa. Tanpa pikir panjang jelas saja aku lebih memutuskan untuk keluar dari pekerjaan aku. Karna niat menikah dengan aa adalah ingin bahagia 'dunia akherat' 
Setelah urusan aku beres, panggilan dari Groningen pun datang, artinya aku kudu menyiapkan dana sekaligus mental untuk hidup disana. Termasuk status ku berubah dari pekerja menjadi  ibu erte. 
Sesampainya di Groningen..mulei bingung...dari mulei bahasa, kebiasaan dll...apalagi aa bilang kalo selama di Groningen aku kudu mandiri , karna kerjaan aa bener-bener sibuk. Hiks..hikss..ada rasa sedih kenapa aku kudu terdampar di kota kecil di Belanda .Satu minggu aa mengajarkan cara hidup di Groningen..mulei dari supermarket, toko asia, toko daging halal, gimana caranya pake sepeda, alur menuju rumah dan tempat belanja, tempat teman-teman, taman dll..pokoknya banyak hal-hal yang asing buat aku.
Aa pun beraktifitas normal seperti biasa dan aku tinggal di rumah sendirian.. huaaaaaa pengen nangisssss..aku kudu ngapain ya...bingung..bingung...:((. Untuk pergi keluar rumah rasanya takuttt....terdengar bel saja aku bingung kudu ngomong apa....pokoknya dikit-dikit telp aa. Rasanya waktu panjanggggg banget buat nunggu aa pulang. Diam dirumah ternyata  sungguh membosankan, ngebetein, bingung kudu gimana. Untuk membesarkan hati ku jadi  inget kata orang bijak kalo  ' pekerjaan ibu erte itu adalah tugas mulia' dan itu yang  bikin aku semangat .  Aku coba berinteraksi akrab dengan internet. Untuk pertama kalinya aku buka adalah link masakan.Dan  untuk pertama kalinya aku ingin bikinin aa  makanan yang enak-enak.  Aku tulis resep dan kutulis list barang-barang yang kudu aku beli. Tarik nafas sambil mengumpulkan nyali untuk keluar rumah , diawali tentunya dengan doa dengan khusuk,  jelaslah sebelumnya aku telp aa dulu...hihi..
Pake sepeda pelan-pelan, karna masih deg2an kadang sepeda aku tengteng. Pertama kali supermarket yang aku sambangi adalah super de boer..dan ternyata supermarket di Belanda ga disediakan plastik kaya di Indonesia. Akhirnya aku pake dus bekas..jadi tangan kanan aku menenteng sepeda dan tangan kiri membawa dus belanjaan. Alhamdulillah sampe ke rumah dalam keadaan selamat. Masuk rumah dan langsung praktekan masakan. Ternyata yang   kupikir mudah ternyata hasilnya ga memuaskan ..gagal ..ga ada enak-enaknya.. :((, Begitu lah beberapa kali aku masak. . Untungnya aa lidahnya ga rewel  ditambah rasa   lapar..jadi masakan slalu dibilang enak  dan nambah  lagi.  Sampe satu ketika ada temanku dateng ke rumah dan bilang kalo masakanku enak...weiii teranjung deh...dan menawarkan aku untuk memasakan dan nanti dia bayar..istilahnya aku disuruh untuk dagang makanan. 
Dari situlah aku mulei memberanikan diri menjual makanan bersama temenku, Senaz..kami bikin ketringan..namanya NInaz..gabungan antara Nisa dan Senaz. Cerita singkatnya aku menjalankan  ketringan sendirian dan alhamdulillah peminatnya banyak..mulei dari student sampe panggilan buat acara-acara pesta kecil. Aku mulei menikmati peran ibu erte...bukan sekedar keuntungan tapi lebih dari sekedar kepuasan dan persahabatan.
Aku pun mulei ikut kursus bahasa Belanda walaupun dengan para asilum..ah hari-hari ku menyenangkan dan padat.
Lambat laun dan sampe detik ini, makin hari aku makin aku menikmati peranku jadi ibu erte..biarpun kegiatan jadi ibu erte kadang-kadang  membosankan..bangun pagi, bikinin sarapan dan kopi buat aa, pergi kursus, masak buat ketringan dan  makan malam sambil uji coba resep hasil googling, nonton tv, ceting, fesbukkan, mp-an, nonton film, baca berita dan gosip, nunggu aa pulang, ngobrol sama aa, bobo malam, begitu lagi besoknya. Membanding saat kami di Indonesia, kami berdua sibuk mencari uang, hari-hari kami padat..waktu untuk berduaan jarang, hari sabtu minggu padat dengan  acara  mulei pesta ultah,  pesta kawinan, sunatan sampe ketemuan keluarga besar. Yang ada aku dibikin stress 'kudu pake baju apa ke pesta ini...baju ini udah dipake minggu kmaren...baju ini juga.. :((, belum lagi mikirin duit untuk amplop..ah pusing deh.  Pelajaran yang berharga  buat aku selama jadi ibu erte di negeri orang adalah 'kebersamaan dan kebahagian ' dengan pasangan kita. Happy rasanya  menunggu aa pulang kerja , dan saat weekend tiba kami   jalan-jalan atau belanja bareng atau berdua di rumah saja,  biarpun di rumah juga ga jauh dari internetan atau nonton, ahh yg penting bisa menikmati hari dengan berduan dan bemanja-manjaan. 

Aku menikmati  hari-hari ku menjadi ibu erte...kalo pinjem kata-katanya Indres aku juga memilih mending hidup damai, tenang , happy dan membosankan untuk diceritakan :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails