Tuesday, October 10, 2006

masa tua

Seperti biasa setelah aku antar makanan ke housing-housing ada rasa senang dan ploong banget. Biasanya kalo lagi cuacanya enak aku seneng banget nongkrong di taman sambil ngemil, sambil baca novel-novel ringan pinjeman dari temen-temenku, kadang foto-foto tanaman yang tiap musim berubah warna daun, atau sering juga cuma diam melamun sambil senyum-senyum sendiri dan melihat anjing-anjing yang lincah mainin bola atau batang tanaman. Atau kalo lagi mood jalan-jalan ke centrum.
Akhir-akhir ini aku seneng banget ke mama mini..lihat barang-barang bekas kadang-kadang disana aku dapet barang-barang yang aku pengen dengan harga murah..maklum lah kita kan turis yang duitnya terbatas. Setiap aku ke mama mini aku selalu ketemu nenek tua kira-kira berumur 90 tahun dengan kursi roda. Awalnya nenek tua itu melihat aku terus, kemudian aku sapa dan aku berikan tangan ku..dan akhirnya kita salaman, terus si nenek itu bercerita tentang kesehatan tubuhnya. Kemudian hari berikutnya aku ketemu lagi beliau..dan aku melihat kemudian dia lambaikan tangannya, sepertinya dia senaanggg banget, kemudian aku dekati..dan dia meluk aku..tanganku dia pegang erat-erat..aduuh aku jadi kengen nenekku neh. Trus beliau cerita banyaaaak..sayang aku rada kurang ngarti maklum bahasa blanda ku masih payah. tapi saat beliau cerita aku hanya senyum-senyum, sambil natap wajahnya..mm..sepertinya nenek tua neh kesepian dan butuh teman..sayang nya lagi aku ga bisa jadi temannya.eiit ternyata kegemaran ku ko sama ya dengan nenek2..
Untung di belanda masa tua dan makin tua makin terjamin hidupnya karna mereka punya pensiunan. Dan masa tua masuk ke panti jompo bukan momok yang memalukan malah mereka punya komunitas sendiri. Siapa yang ga ngiri coba masa tua di belanda disediakan fasilitas yang lengkap mulai dari apartemen yang dilengkapi alarm dan perlengkapan keamanan, kursi roda yang nyaman untuk sipake jala-jalan, kemudian ada baby siter yang ngelayanin makanan dan beres-beres tempat tinggalnya.
Di seputar jalan malioboro aku sering melihat nenek tua berjualan batik atau pecel, atau di komplekku si kakek tua yang dengan suara paraunya teriak2 "kerupuk..kerupuk". Saat terjadi gempa ( aduuh lupa gempa dimana yaa,pokoknya berita ini disiarkan di sctv)...ada berita bahwa saat pasca gempa ada nenek tua yang disimpan di kandang kambing dan keluarga besarnya pergi ke tempat yang aman. Pokoknya banyak benget deh pemandangan pilu di negara kita.]jangankan mikirin masa tua, mikirin hari ini makan apa aja mmm...mereka bingung..kasian ya..

Mudah2an saat aku masa tua nanti aku dapatkan kedamaian..

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails